HMJ PBSI UNISDA

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) adalah salah satu Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang berada di Unisda Lamongan. HMJ PBSI merupakan organisasi yang berkedudukan di tingkat jurusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan juga sebuah kelengkapan non struktural jurusan. Keanggotaan dari HMJ PBSI terdiri dari mahasiswa yang terdaftar dan aktif dalam jurusan PBSI. Masa bakti dari pengurus HMJ PBSI adalah satu tahun terhitung mulai dilantik oleh Kepala Jurusan (Kajur) PBSI.

TOR SPASI 2013

TERM OF REFENCE (TOR) 
SAAT PENGENALAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (SPASI) FKIP UNISDA LAMONGAN PERIODE 2013-2014 

A. LATAR BELAKANG 
Kemampuan berfikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Oleh karena, kreatifitas merupakan 3 (tiga) faktor intergratif utama dalam diri manusia, yaitu pikiran, perasaan, dan ketrampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, perepsi, dan nalar. Faktor ketrampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor tersebut diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang dikenal dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Maka sebagai upaya mengantarkan kemampuan dan mutu mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dam arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang menjadi semacam budaya dalam tubuh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia untuk mengadakan kegiatan Saat Perkenalan Bahasa dan Sastra Indonesia (SPASI). Kegiatan ini ditujukan khusus pada mahasiswa baru, serta mahasiswa lama yang belum pernah mengikuti. Pelaksanaan SPASI diharapkan sebagai modal awal bagi mahasiswa yang belum pernah mengikuti untuk optimalkan perkuliahan dan mengetahui semua yang harus dikerjakan, serta merasa memiliki betul jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Selain itu, dapat pula menjalin keakraban diantara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama dalam lingkungan perkuliahan. Akhirnya dengan niat yang matang untuk selalu ingin lebih baik dari sebelumnya seperti salam Himpunan Mahasiswa Jurusan ialah kita harus “Gusto” yang berarti “Kita harus maju terus”. Maka dari seluruh panitia serta dorongan dari semua anggota HMJ PBSI Unisda untuk mengadakan kegiatan tersebut. 

B. TUJUAN 
Pelaksanaan kegiatan SPASI (Saat Pengenalan Bahasa dan Sastra Indonesia) ini bertujuan:
1. Pembekalan dasar tentang Bahasa dan Sastra Indonesia bagi mahasiswa yang mengikuti SPASI 2013-2014
2. Menciptakan rasa peduli terhadap Bahasa dan sastra Indonesia dalam Kegiatan belajar mengajar mahasiswa di jurusan mereka, serta universitas pada umumnya .
3. Terjalinya keeratan emosional yang tinggi dan persaudaraan diantara Mahasiswa baru dengan Mahasiswa yang lama.
4. Secara tidak langsung pengkaderan di dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Perkenalan Bahasa dan Sastra Indonesia Unisda Lamongan.
5. Memacu mahasiswa untuk bisa membuat karya tulis ilmiah sebagai program penalaran yang dikemas dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). 

C. TEMA
Kegiatan ini bertemakan “Mengukir Warna Kebahagiaan dalam Hembusan Bahasa dan Sastra Indonesia“ 

D. BENTUK DAN NAMA KEGIATAN 
1. Bentuk kegiatan Kegiatan ini dikemas dalam bentuk perkemahan dan Out Bound. 
2. Nama kegiatan Kegiatan ini bernama SPASI (Saat Pengenalan Bahasa dan Sastra Indonesia) 

E. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
1. Waktu kegiatan Pelaksanaan kegiatan SPASI pada : 
Hari : Rabu s.d Jumat
Tanggal : 25- 27 September 2013 
2. Tempat kegiatan Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Trawas Mojokerto. 

F. PELAKSANA 
Kepanitiaan kegiatan ini terdiri atas panitia inti dan seksi bidangnya, dimana keseluruhannya dipegang oleh pengurus HMJ PBSI Unisda periode 2013-2014. 

G. PESERTA 
Peserta yang mengikuti kegiataan ini adalah seluruh mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta beberapa mahasiswa lama yang belum mengikuti. 

H. PENUTUP 
Demikian TOR ini kami buat dengan sebenar-benarnya sebagai diskripisi awal sebuah kegiatan, dengan harapan kegiatan tersebut dapat diselenggarakan dengan sukses sebagai target yang kami kehendaki, dan semoga ketulusan serta partisipasi semua pihak merupakan kontribusi positif sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan masa depan bangsa. Akhirnya, panitia sangat berharap kepada semua pihak Fakultas dan Universitas serta semua pihak yang bersangkutan atas perhatian dan partisipasi serta kerjasamanya. Semoga kegiatan Saat Perkenalan bahasa dan Sastra Indonesia ini dapat berjalan sesuai dengan keinginan kita bersama.  
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Sigit Bagus Riyanmoko | HMJ PBSI Unisda Lamongan | PK PMII Unisda Lamongan
Copyright © 2011. HMJ PBSI UNISDA - All Rights Reserved
Template dari HMJ PBSI Unisda Lamongan Didukung oleh PK PMII Unisda Lamongan
Diproduksi oleh Sigit Bagus Riyanmoko